Minggu, 12 April 2009

Latar Belakang Tesis Barto

TEKNOLOGI PEMBUATAN SENSOR STRAIN GAUGE, SERTA INTERFACING MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER MCS51
UNTUK KEPERLUAN LOAD CELL ( Timbangan )
Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian
Dosen : Ir. SUPRANTO, MSc.PhD.
Oleh
B a r t o
TIKM – B
Pada era globalisasi sekarang ini, salah satu faktor penting yang menjadi penentu daya saing sebuah bangsa adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK). Penguasaan iptek dapat diperoleh melalui penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi yang berkesinambungan. Penguasaan IPTEK mutlak di perlukan dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa serta kesejahteraan rakyat. Agenda Riset Nasional (ARN) 2006-2009, yang disusun untuk memberikan prioritas kegiatan, tonggak dan indikator capaian pembangunan nasional iptek untuk kurun waktu 2006-2009, yang diletakkan dalam suatu proyeksi capaian jangka panjang (yakni sasaran pada tahun 2025). Proses penyusunan ARN ini mencakup penyusunan materi pokok melalui diskusi di dalam komisi teknis Dewan Riset Nasional (DRN) dan pengayaan materi melalui sosialisasi ke berbagai pemangku-kepentingan di Indonesia. Bidang Fokus ARN ditetapkan dengan merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2004-2009, yakni: (i) ketahanan pangan; (ii) energi baru dan terbarukan; (iii) teknologi dan manajemen transportasi; (iv) teknologi informasi dan komunikasi; (v) teknologi pertahanan; dan (vi) teknologi kesehatan dan obat-obatan
Sebagai faktor dominan dalam ARN , Bidang sains dasar diharapkan dapat memberikan landasan teoritik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebaliknya berbagai kegiatan pemanfaatan teknologi dan innovasi dapat menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan sains dasar itu sendiri yang pada gilirannya membuka jalan bagi temuan terapan yang lebih baru.
Sejalan dengan hal diaatas, maka MST FT UGM pada konsentrasi Teknologi Industri kecil dan menengah membuat silabus yang mendukung Agenda Riset nasional 2005 – 2009.
Salah satu mata kuliah yang menjadi dasar penelitian kami adalah teknologi otomasi yang ada dalam silabus TIKM.
Industri kecil dan menengah di indonesia banyak menggunakan timbangan, tetapi timbangan yang ada masih bersifat manual, sehingga banyak terjadi kesalahan timbangan, yang tentunya hal ini akan berakibat ruginya konsumen ataupun pembeli, karena timbangan ini tidak presisi. Untuk membeli sebuah timbangan digital sangat mahal , karena sensor strain gauge sangat mahal, Karena itu kami bermaksud mengadakan penelitian untuk membuat sensor strain gauge dengan biaya yang murah serta aplikasinya untuk menjadi sebuah timbangan menggunakan mikrokontroller M CS 51.

0 komentar: